CURHAT 1 : KULIAH



Gue ga habis pikir ajah sama otak anak 18++ jaman sekarang. Mereka diberikan kebebasan sama ortu mereka untuk memilih kampus/universitas yang mereka pengen, favoritkan dimana ajah. Mau kuliah dikota sendiri oke, mau kuliah diluar kota pun ortu juga No problem. Dan otomatis menurut kacamata seorang Wanto Panda kalo kuliah mayoritas dapet kendaraan baru dari ortu. Misal, waktu SMA makek Vixion setelah dapet title MAHASISWA (Anak Kuliahan) ganti makek Ninja, etc. Itu kalo misal kuliahnya dikota sendiri. Dan yang kuliah diluar kota ya biasanya juga dapet kok kendaraan barunya tapi yang pasti income dari ortu lebih banyak yg kuliah diluar kota, why?? ya karena selain dapet uang saku (uang bensin dan makan sendiri-sendiri) pasti dapat uang buat Kost. Ya walaupun ga sedikit sih yang kuliah dikota sendiri juga nge-kost. 

Lagian menurut gue yang kuliah masih dikawasan kota sendiri terus masih pake’ acara nge-kost sumpah EGOIS banget!. Ya gue tau walopun kuliah dikota sendiri jaraknya pun juga jauh, iya lah jauh secara ini KAMPUS bukan SD, SMP, SMA/K yang dimana hampir di setiap desa atau kecamatan pasti udah ada lebih dari 1. Tapi kan lo tadi udah dapet kendaraan baru, kalo lo dapet kendaraan baru terus masih minta kost juga ga ada guna dong tuh kendaraan baru. Mending di jual aja di OLX, kalo bisa jadi duit kenapa tidak. Cuma nambah-nambahin pengeluaran orang tua aja, THINK!.

Warbiyasakk pokoknya! Dengan berbagai macam fasilitas seperti itu, gue jadi sering bertanya-tanya kenapa masih ada yang ga serius kuliah, pamitnya mau ngampus tapi nyatanya ga ikut kelas, dan suka ngeluh dengan keadaan mereka yg sekarang. Asal lo semua tau! Gue itu sebenernya iri sama kalian. Lo bisa kuliah diluar kota, terus masih juga dapat kendaraan baru. hidup lo perfect men!.
Kuliah diluar kota+dapet kendaraan baru siapa yang ga mau? Ya gue pengen banget lah!. Tapi gue sadar diri. Gue itu siapa?? Gue itu Cuma orang biasa (alay, jelek, ngga hits, imut, manis, narsis, etc). Gue itu punya apa?? Gue ga punya apa-apa, paling Cuma sebatas Laptop SONY VAIO, Samsung Galaxy J1, dan Honda Vega ZR (dari jaman SMK ampek sekarang). Dan gue sadar dan gue tau diri kalo gue bukan anak yang terlahir dari orang tua yang kaya raya, sukses. Gue Cuma anak orang miskin, dan ga punya. Sedih? Ya jelas sedihlah. Tapi gue sedih bukan karena gue anak orang miskin tapi gue sedih sama keadaan gue yg sekarang ini.

Sebenernya yang bikin gue iri bukan masalah mampu/ga mapu orang tua buat nguliahin gue. Karena kalo buat nguliahin mah orang tua gue sanggup banget. Tapi yang bikin iri adalah lo bisa bebas memilih mau kuliah dikota sendiri, atau diluar kota bahkan luar negeri. Orang tua gue juga bisa kok kalo Cuma sekedar buat beli kendaraan baru. tapi bedanya gue ga bisa dapetin semuanya sekaligus (Kuliah+Kendaraan baru). gak kayak lo yang bisa dapetin semua kemudahan itu sekaligus. Kalo gue milih kuliah ya berarti ngga ada namanya kendaraan baru. dan kalo milih kendaraan baru ya gue engga jadi kuliahnya. Begitu!

Ya gue tau, sebenernya ga penting-penting banget dan ngga ada aturannya kalo kuliah harus punya kendaraan baru. But, I also just like other young people men!. Walaupun ga penting tapi terkadang gue suka iri melihat temen-temen gue dapet semua fasilitas itu. Toh balik lagi, niat gue mau kuliah itu buat menuntut ilmu, lulus dengan IPK cumlaude, Attitude nya baik, dan Humble. Bukan malah jadi tempat ajang pamer kekayaan orang tua.

Di rumus hidup gue “PENGEN” itu ga ada. Dalam hidup gue “PENGEN” aja ngga cukup!. Kenapa kok ngga ada, kenapa ga cukup? Ya seperti yg gue katakan di paragraf 4 karena “KEADAAN”. Karena “KEADAAN” memaksa gue untuk membunuh semua ke-PENGEN-an  gue!. Misal pengen kuliah ya berarti gue harus membunuh pengen gue untuk punya kendaraan baru. kalo pengen kendaraan baru ya gue harus membunuh pengen gue untuk kuliah.

Artinya apa? Kalo gue pengen sesuatu ya gue harus mengorbankan sesuatu yang lain. Kalo dalam dunia Alchemist disebut konsep PERTUKARAN SETARA. Jadi gue ga bisa kalo harus nurutin semua pengen gue semuanya sekaligus. Harus ada pengorbanan yang besar untuk sesuatu yang juga besar. Gitu!

So, buat lo yang sampai saat ini masih males-malesan kuliah dan masih suka ngeluh dengan keadaan lo yang penuh dengan fasilitas WAH. Lo dosa besar men! Hidup lo kurang bersyukur. Kurang-kurangin deh. Buka pikirin lo lebih luas lagi, lihat! Diluaran sana (termasuk gue) banyak banget yang pengen kayak lo. Boro-boro kuliah diluar kota coyy, kadang yang mau kuliah aja banyak yang ga bisa loh. Lagian semua fasilitas yang lo dapet itu kan sebenernya buat menunjang kegiatan belajar lo agar lebih produktif. Eh bukannya produktif malah bikin males-malesan, leda-lede, maen-maen dan banyak ngeluh.

Jadi mulai sekarang kurang-kurangin maen-maennya, already it’s time for serious. Kurang-kurangin juga ngeluhnya, grateful for the many atas apa yang udah lo dapet sampai saat ini. Karena bikin orang tua bangga itu rumusnya simple. Lo lulus lulus tepat waktu, terus WISUDA. Orang tua lo udah pasti bakalan nangis bahagia. Kalo IPK lo cumlaude anggep aja bonus.

0 komentar:

Posting Komentar